Powered By Blogger

Rabu, 05 Januari 2011

siapa sekitar kita?

Syaech al-Samarqondy dalam bukunya  " Tanbihul Ghofilin " mensinyalir bahwa seseorang akan terwarnai oleh sekelilingnya. lebih lanjut ia berkata "barang siapa bergaul dengan delapan golongan ini maka Allaah akan tambahkan ia sepuluh sifatnya"

من جلس مع ثمانية اصناف من الناس زاده الله ثمانية أشياء
  • من جلس مع الأغنياء زاده الله حب النيا والرغبة فيها    barang siapa sering berkumpul dengan orang-orang kaya, maka Allaah akan tambahkan ia cinta dunia dan merasa senang di dalamnya.
  •  ومن جلس مع الفقراء زاده الله الشكر والرضا بقسمة الله تعالى   barang siapa sering berkumpul dengan fakir miskin, maka Allaah akan tambahkan jadi orang yang pandai bersyukur dan rela dengan apa yang telah Allaah berikan.
  •  ومن جلس مع السلطان زاده الله الكبر وقساوة القلب     barang siapa sering berkumpul dengan penguasa, maka Allaah akan tambahkan jadi orang yang sombong dan hatinya keras.
  •  ومن جلس مع النساء زاده الله الجهل والشهوة والميل الى عقولهن     barang siapa sering berkumpul dengan wanita, maka Allaah akan tambahkan ia jadi orang yang bodoh dan tambahlah syahwatnya sekaligus ia akan ikut pada pola pikir wanita.
  • ومن جلس مع الصبيان زاده الله اللهو والمزاح    barang siapa sering berkumpul dengan anak-anak, maka Allaah akan tambahkan ia suka bermain-main dan canda tawa.
  • ومن جلس مع الفساق زاده الله الجراءة على الذنوب والمعاصى والأقدام عليها والتسويف فى التوبة  barang siapa sering berkumpul dengan pendosa besar, maka Allaah akan tambahkan ia berani berbuat dosa dan ma'siat akan selalu menjadi kebiasaannya, dan suka menunda-nunda taubat
  • ومن جلس مع الصالحين زاده الله الرغبة فى الطاعة واجتناب المحارم barang siapa sering berkumpul dengan para solihin maka Allaah akan menjadikan ia taat pada Tuhannya dan menjahui larangan-larangan-NYA.
  • ومن جلس مع العلماء زاده الله العلم والورع  barang siapa sering berkumpul denganUlama' maka Allaah akan tambahkan ia ilmu dan sifat wira'i. والله اعلم بالصواب

Tidak ada komentar:

Posting Komentar